Sabtu, 06 April 2013

PMIP (Perkampungan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan)

Selamat Semangat Perubahan Youth....!!!!!

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya ketika saya mengikuti sebuah kegiatan yang O.K banget. Yap kegiatan itu bernama Perkampungan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (PMIP). Kegiatan ini merupakan follow up dari Kongres Nasional (Kongnas) FOKKERMAPI (Forum Komunikasi dan Kerja Sama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Indonesia). PMIP ini diselenggarakan oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Brawijaya, Malang.

Meskipun kegiatan ini dibawah dukungan dari FOKKERMAPI, namun kegiatan kali ini berbeda dengan kegiatan FOKKERMAPI yang sudah biasa diketahui. Jika biasanya FOKKERMAPI selalu identik dengan sidang - sidang, kali ini peserta PMIP justru dituntut untuk melakukan observasi mengenai pemberdayaan wilayah Taman Nasional, Khususnya daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Brawijaya ini memberikan warna berbeda karena keluaran dari kegiatan ini adalah tersusunnya sebuah jurnal ilmiah nasional dari mahasiswa Ilmu Pemerintahan seluruh Indonesia.

Isi dari jurnal ilmiah tersebut berasal dari observasi yang telah dilakukan di desa kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Observasi tersebut memiliki tema besar yaitu Langkah Strategis Pemberdayaan Kawasan Taman Nasional. Observasi tersebut dilaksanakan di Desa Ngadas Kabupaten Malang dan Desa Ranupani Kabupaten Lumajang, di desa inilah kami sebagai delegasi UNDIP melaksanakan observasi tentang “Kearifan Local Masyarakat Setempat Dan Perannya Dalam Pembangunan Desa Ranupani Dalam Perspektif Pertanian”

Setelah melakukan observasi, selanjutnya kami kembali ke Malang dan melaksanakan Seminar Nasional dengan tema yang sama dengan tema besar observasi. Dalam seminar tersebut, kami sebagai mahasiswa Ilmu Pemerintahan mengkaji permasalahan di sekitar Taman Nasional dalam perpektif hokum dan keadaan sosial masyarakat setempat. 

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai mahasiswa Ilmu Pemerintahan dari seluruh Universitas di Indonesia, antara lain UNDIP (Semarang), UGM (yogyakarta), UMY(Yogyakarta), UNPAD(Bandung), UNIRA (Kupang), UNSRAT (Manado), dan UB (Malang) sendiri. Banyak cerita dan jalinan persahabatan dimulai pada acara ini. Suka dan Duka kami pikul bersama dan tanpa terasa membangun rasa solidaritas diantara kami semua. Di mulai dari Hipotermia hingga menikmati Puncak Bromo menjadi kenangan - kenangan yang tidak terlupakan.

^^,
SALAM PEMERINTAHAN

1 komentar:

  1. semoga bisa ikutan acara selanjutnya ingin rasanya bergabung dengan mahasiswa ilmu pemerintahan yang lain ,..
    salam pemerintahan dari universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

    BalasHapus