Jumat, 29 Maret 2013

Thailand in Action

Oke mungkin ini telat banget postingnya, maklumlah setelah sekian lama sibuk dengan ini itu baru sempet lagi nulis di blog. oke kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman Student Exchange saya sewaktu semester 2 ke semester 3 (skrng padahal semester 4)

Thanks a lot to God, Allah SWT yang udah memberi aku kesempatan buat pergi ke Thailand sebagai salah satu delegasi dari Indonesia di pertukaran pelajar Art Immersion and Student Exchange Fieldtrip bersama ASEAN Youth Friendship Network. That was my unforgettable experiences dimana aku bisa menjadi duta budaya Indonesia bersama temen – temen dari seluruh Indonesia (kita semua ber 20, ada yang dari UGM, UNS, UI, UNPAD, Sanatadharma, UNSOED, UIN Jakarta, bahkan seharusnya adapua yang dari UNCEN Papua *wow). Oke gak usah lama – lama ini ceritaku di Thailand.

Kita berangkat dari Indonesia tepatnya dari Soekarno Hatta Intl. Airport. Waktu itu proses keberangkatan kita dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama diantaranya ada aku. Kita berangkat dari Indonesia tanggal 31 Agustus 2012, yah masih bau bau lebaran gitu deh.

Singkat cerita, penerbangan dari Indonesia jam 7 dan sampai di Bandara Survanabhumi Thailand sekitar jam 10.30. Petualangan ngebolangpun akhirnya dimulai.

Dari sekian banyak delegasi itu, gak ada yang bisa bahasa Thailand, apalagi baca tulisnnya yang kriting itu. So, kita semua hanya mengandalkan bahasa Inggris. Sayangnya gak semua orang Thailand bisa bahasa Inggris. Akhirnya munculah bahasa isyarat (itu satu - satu jalan). Di Thailand, kita gak ditempatkan di Kota Bangkok, tapi di Chiang Mai. FYI, Chiang Mai adalah daerah Thailand Utara yang dulu sebagai pusat kerajaan Lanna, sedangkan Bangkok dulu dibawah kerajaan Siam. Untuk sampai ke CM, kita harus naik bis atau kereta, sebenarnya pesawat bisa sih, tapi kita mau ngirit *maklum anak kos. akhirnya kita naik kereta.

sebuah pengalaman indah naik kereta di Thailand. Mungkin saya sebagian blogger di sini udah ada yang tahu kereta di sana kaya apa, oke aku ceritain lagi. Kereta di sana enak banget loh, bisa tidur kita, karena di malam hari kursi disulap menjadi kasur. kasur itu ada yang up dan down (yang dibawah lebih mahal karena lebih luas). asik si asik, tapi yang buat ga asik adalah perjalanannya 20 jam dan keretanya berjalan sangaaaaaaaaaaaaaaat lambaaaaaaaaaaaaaaaaaaat. bahkan sama motor honda 70 aja cepet motornya ^^,

akhirnya kita sampai juga di CM pada tanggal 1 Agustus jam 4 sore..Di sana kita langsung di jemput sama LO, dan mulailah kita berbaur dengan warga CM dan pastinya mahasiswa CM.

Sempat culture shock juga disana karena begitu banyak angjing berkeliaran. selain itu jadwal kuliah yang sampe malam banget bikin kita cape juga. Tapi semua itu terbayar dengan ilmu dan pengetahuan yang kita dapat. Apalagi punya pengalaman rasanya duduk di bangku kampus Chiang Mai University itu anugrah Allah banget terlebih kita ada project ngajar Bahasa Indonesia disana.

All in All that's great moment.....(bersambung yaaaaaaaaaa --> bisa foto atau lanjutan ceritanya)